Rabu, 13 Agustus 2014

Ilmu Komunikasi UMM

Informasi Umum

Jurusan Ilmu Komunikasi ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.

Sedangkan untuk meningkatkan standing academic mahasiswa,
terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club), HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional. Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll. Alumni jurusan ini banyak terserap di institusi media massa stasiun TV,  radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainya.
Website: komunikasi.umm.ac.id

Profil Program Studi
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Malang
Program Studi    :  Ilmu Komunikasi, Akreditasi A
Jenjang               : S-1
Ketua Program Studi
:

SUGENG WINARNO MA
Nomor Telepon P.S/Media Sosial
:
(0341) 464318 psw. 135
Facebook: Komunikasi UMM
Twitter: @ikomUMM
Konsentrasi 
:
  1.  Audio Visual
  2. Jurnalistik & Studi Media
  3. Public Relations
SKS Yang Harus Ditempuh
:
148


VISI

Menjadi Prodi yang mempunyai daya saing  dalam pengembangan keilmuan dan ketrampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam.


MISI

  1.  Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan pola pikir, wawasan, dan keterampilan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi yang berorientasi pada gerakan  media literacy;
  2. Memajukan aktifitas penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan masyarakat yang berdimensi komunikasi;
  3. Melaksanakan pengabdian di bidang komunikasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat;
  4. Mengintensifkan aktifitas pelatihan di bidang public relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media;
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam kerangka perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi komunikasi secara kelembagaan. 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi  public relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki akses pada berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan jalinan kerja sama;
  3. Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang berdaya guna bagi masyarakat akademik dan umum;
  4. Menghasilkan lulusan yang berkomitmen pada  pemberdayaan masyarakat berbasis media literacy;



http://komunikasi.umm.ac.id

diakses tanggal 13 Agustus 2014 , Jam 18.59 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar